Selasa, 10 Februari 2015

Parabola 4 satelit

Cara modif scalar ring untuk 4 lnb dan skema nya yang biasa di sebut 4 in 1 lnb ini biasa di gunakan untuk menerima 4 satelit dalam 1 posisi parabola tanpa perlu merubah posisi parabola nya.
Baiklah pada kesempatan ini saya coba untuk berbagi cara modifikasi skalar ring yang 2 in 1 menjadi scalar ring 4 in 1 beserta cara pasang lnb dan skema switch disecq.
Adapun scalar ring 4 in 1 ini untuk menerima satelit Palapa D, Telkom 1, Asiasat 3S dan Asiasat 5 untuk dish/parabola ukuran 8,9 atau 10 feet. untuk penerimaan signal yg baik.
Bahan – bahan yg di perlukan ;
  • Scalar ring 2 in 1 sebanyak 2 unit, biasa di jual dalam paket lnb 2 in1, pilih yg memakai 22khz tone switch yg include di lnbnya.
  • Gerinda atau gergaji besi.
  • Bor.
  • Spidol.
  • Dan lain – lain yang di rasa perlu ( kopi, rokok)
Berikut saya upload gambar yg sudah saya coba ;
1. buat  garisDudukan lnb 2 in 1 di garis dulu biar lurus waktu di potong, garisnya di bikin rapat saja.
2. potong skalaring lnbSesudah di potong di rapatkan, dan coba perhatikan lobang lnb nya harus lurus untuk ke 4 lobangnya.
3. potong dudukan lnb tiang fokusuntuk pengikat antara ke 2 dudukan lnb gunakan potongan sisa dan buat lobang untuk bisa di bautkan ke scalar ringnya. dan kalau menggunakan tiang fokus model cangkul, potong dulu ujung nya dan cocokkan dengan lobang yg di scalar ring.
4. pasang skalaring dan lnb pada tiang fokus
skema diseqc 4x1
Selanjutnya untuk yang menggunakan lnb biasa gunakan Disecq switch untuk menggabungkan lnb dengan posisi input seperti keterangan di gambar.
  1. Palapa D masukan di Port 1 disecq dan setting receiver di port 1 untuk sat Palapa D.
  2. Telkom 1 masukan di Port 2 disecq dan setting receiver di port 2 untuk sat Telkom 1.
  3. Asiasat 3S masukan di Port 3 disecq dan setting receiver di port 3 untuk sat Asiasat 3S.
  4. Asiasat 5 masukan di Port 4 disecq dan setting receiver di port 4 untuk sat Asiasat 5.
5. skema pemasangan switch dan setting edit satApabila anda punya lnb yg sudah ada 22khz tone switch 2 unit, skema menggabungkan lnbnya seperti gambar di atas.
  • Kalau anda menggunakan Disecq yg 4 port/terminal inputnya, masih tersisa 2 port lagi dan bisa di gunakan utk lnb lainnya baik Ku Band maupun S band.
Demiikianlah, kalau kurang jelas silahkan di tanyakan lagi.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar